teks

Perbarui Info & Tips Unik di Estomihi Bloog

Selasa, 22 Oktober 2013

Tahukan Anda Bagaimana Cara Mengisi Air di Toilet pada Bus ?

Dulu untuk mengisi air toilet bis, crew harus menggunakan ember dan mesti beberapa kali bolak-balik dari keran air kedalam bis. Pekerjaan itu masih dipersulit dengan harus menaiki pintu belakang bis yang sempit dan kadang sudah penuh dengan barang sambil membawa ember berisi air.

Pada bis-bis jarak jauh seperti Surabaya - Jakarta air bersih toilet bis tidak akan cukup sampai tujuan, yang karena keterbatasan ruangan, wadah penampungan air bersih di bis memang tidak cukup besar. Jika memakai cara manual bisa dibayangkan betapa repotnya Crew waktu istirahat di rumah makan. Dengan waktu istirahat yang rata2 hanya sekitar 30 menit, Crew seorang diri harus membuang sampah dari kabin penumpang keluar dan mengisi air toilet. Sementara kan dia juga harus makan.



Selang terhubung ke saluran air




Detail posisi saluran air, didekat pulley radiator



Sekarang pada bis-bis produk terbaru, dibagian dalam ruang mesin oleh pihak karoseri dipasangi saluran untuk men-supply air bersih ke toilet bis. Crew tinggal menghubungkan selang ke saluran itu dengan keran air, dan bisa ditinggal. Crew bisa parallel mengerjakan yang lain misalnya membuang sampah, sehingga waktu yg dibutuhkan untuk bersih-bersih menjadi lebih singkat. Tapi syaratnya hanya satu : tekanan air harus cukup besar karena posisi penampung air bersih toilet bis lebih tinggi sekitar 2,5-3 meter diatas permukaan tanah. Jika tekanan air lemah ya terpaksa kembali ke cara lama ... pakai ember.

Tips:
Untuk meringankan tugas Crew ...
- buanglah sampah pada tempatnya. Menaruh di sampah di magazine tray dibelakang seat akan memperlama pekerjaan crew untuk membersihkan sampah ketika istirahat.
- manfaatkan momen ketika bis mengisi solar untuk ke toilet SPBU, sehingga menghemat pemakaian air di toilet bis.

0 comments:

Posting Komentar

beri komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

 

Kontak Admin di :

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramEmail