teks

Perbarui Info & Tips Unik di Estomihi Bloog

Selasa, 22 Oktober 2013

Ketika Kaca Bis Depan Retak



Pernahkah sedulur melihat kaca depan sebuah bis retak? Part yang satu ini memang rawan terkena benturan benda-benda asing mengingat dimensinya yang luas dan berada di bagian depan dari sebuah bis. Benda asing yang sering “melukai” bisa berupa batu2 kerikil kecil yang secara tak sengaja terlempar dari roda kendaraan di depannya. Bisa juga ulah tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab (dengan sengaja melempari kaca bis dengan batu)

Lalu bagaimana penanganan sebuah kaca depan bis ketika mengalami keretakan? Apakah aman jika masih terus digunakan? Ataukah harus langsung diganti dengan yang baru? Tergantung seberapa parah kerusakan yang terjadi. Jika retak hanya di sebagian kecil luas kaca maka masih bisa dipakai, tapi dengan catatan ada penanganan khusus di ujung2 retakan. Agar keretakan tidak semakin meluas bila terkena guncangan di jalan raya.

Caranya yaitu dengan mengebor di ujung2 retakan kaca tersebut. Iya benar admin tidak salah tulis, karena memang kaca yang retak tersebut dibor.

Seperti gambar diatas, titik pengeboran adalah yang ditandai lingkaran2 merah. Tujuannya adalah untuk mencegah meluasnya keretakan yang terjadi. Kaca dibor beberapa mili meter dalamnya tetapi tidak sampai tembus (ada juga yang dibor sampai tembus). Mata bor yang digunakan juga khusus, ujungnya datar tidak lancip seperti matabor pada umumnya.


Seperti gambar diatas inilah mata bor yang digunakan, dengan ujung yang datar. Setelah ujung2 keretakan dibor beberapa millimeter dalamnya, kemudian lubang2 hasil “galian” mata bor ini diisi dengan silicon. Ada yang berwarna hitam, putih atau bening. Umumnya yang dipakai adalah yang warna bening atau hitam.

Setelah menjalani perawatan seperti langkah2 diatas, maka kaca yang retak tadi relatif masih aman digunakan. Karena alur retakan sudah terpotong jalurnya oleh lingkaran2 yang sudah dibuat dengan menggunakan mata bor tadi. Jadi meskipun terkena guncangan, keretakan tidak akan meluas atau tambah parah.

Tapi hal ini tidak berlaku jika keretakan sudah sangat parah

Seperti contoh gambar diatas, kaca tersebut sudah tidak bisa ditolong lagi dan harus diganti dengan yang baru.


Hanya perlu waktu sekitar setengah jam saja untuk memperbaikinya, sampai armada siap diberangkatkan kembali. Keputusan yang tepat dari driver untuk segera memperbaiki, karena bila alur keretakan tidak dihentikan maka kerusakan akan semakin meluas.

0 comments:

Posting Komentar

beri komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

 

Kontak Admin di :

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramEmail